Tautan-tautan Akses

Peninsula, Sekuel Film Zombie yang Sudah Lama Ditunggu-tunggu


Poster film blockbuster zombie Korea Selatan pertama, "Train to Busan" di sebuah bioskop di Seoul, Korea Selatan, 4 Agustus 2016. (Foto: dok).

Sekuel film zombie “Train to Busan” yang sudah lama ditunggu-tunggu, akhirnya akan dirilis pertengahan bulan depan. Banyak pengamat film memperkirakan, film ini akan menjadi salah satu blockbuster terbesar musim panas ini.

Sekuel film "Train to Busan" ini berjudul "Peninsula". Meski bukan karya Hollywood, film garapan Korea Selatan ini diperkirakan akan disaksikan banyak penonton di berbagai penjuru dunia.

Sudah 185 negara dan teritori membeli hak tayang film ini. Popularitas film ini terdongkrak akibat keberhasilan film pendahulunya dan prestasi yang dipetik film Korea Selatan lainnya, "The Parasite", di ajang Oscar beberapa bulan lalu.

Peninsula, Sekuel Film Zombie Yang Ditunggu-tunggu
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:57 0:00

Menurut sutradara Yeon Sang-Ho, Peninsula bukanlah sekuel langsung "Train to Busan", dan ceritanya tidak akan menelusuri semua tokoh yang pernah dihadirkan di film itu. Film itu juga tidak menghidupkan kembali tokoh pahlawan Seok Woo yang mengorbankan dirinya di akhir film pertamanya.

Menurut Yeon, film itu akan menyoroti perjuangan seorang tentara yang lolos dari sebuah kawasan yang terinfeksi zombie di Semenanjung Korea. Empat tahun kemudian, ia dan timnya ditugaskan kembali ke kawasan itu untuk membawa pulang sesuatu yang berharga. Usaha mereka menghadapi dilema karena harus berhadapan dengan sejumlah penyintas lain.

Jika "Train to Busan" mengambil setting lokasi kereta api, Peninsula mengambil setting lokasi yang jauh lebih luas. Walhasil, dana produksinya hampir 16 juta dolar, hampir dua kali lipat dari film pertamanya.

Poster Peninsula (Foto: wikipedia)
Poster Peninsula (Foto: wikipedia)

Aktor Korea Selatan Gang Dong-won, yang kebetulan dilahirkan di Busan, membintangi film itu sebagai Jung Seok, tentara yang memimpin misi ke kawasan zombie. Ia menceritakan, tekanan yang dihadapinya dalam memerankan sebuah tokoh utama dalam sebuah film yang sudah banyak penggemarnya.

“Sebagai seorang aktor, menciptakan kembali sesuatu yang pernah dibuat merupakan beban tersendiri. Sebagai seorang aktor, saya ingin menciptakan sesuatu yang baru. Saya tidak ingin 'Peninsula' disamakan dengan 'Train to Busan'. Namun saya kira, ini pantas untuk dicoba dan saya benar-benar berusaha mencobanya,” komentarnya.

Gang sendiri sebetulnya sedang sibuk saat ini. Ia sering bolak-balik Seoul dan Los Angeles sejak dipilih sutradara Simon West membintangi film "Tsunami LA". Meski relatif tidak dikenal di Hollywood, ia merupakan salah satu aktor paling diburu di Korea Selatan. Film-film yang melambungkan namanya termasuk "The Priests" dan "Violent Prosecutor".

Dalam membangun konsep film "Peninsula", sutradara Yeon terpengaruh film-film bertema kehancuran dunia seperti "Land of the Dead", "Mad Max", "Mad Max: Fury Road", dan "The Road". Jika mencermati secara seksama, film ini juga berusaha menghidupkan tokoh-tokoh dalam buku komik Jepang seperti Akira and Dragon Head.

Awalnya Peninsula akan dirilis pertengahan Juli lalu namun kemudian diundur menjadi 12 Agustus mendatang. [ab/uh]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG