Tautan-tautan Akses

Pengunjuk Rasa di Portland Bentrok dengan Petugas


Empat petugas polisi Portland menangkap seorang pengunjuk rasa di dekat Mississippi Avenue pada 14 Agustus 2020 di Portland, Oregon. (Foto: AFP)
Empat petugas polisi Portland menangkap seorang pengunjuk rasa di dekat Mississippi Avenue pada 14 Agustus 2020 di Portland, Oregon. (Foto: AFP)

Pengunjuk rasa di kota terbesar di Oregon, Portland, bentrok lagi dengan para petugas federal di luar gedung Imigrasi dan Penegakan Bea Cukai AS atau ICE yang menjadi fokus baru dari demonstrasi yang telah mencengkeram Portland selama berbulan-bulan, kata para pejabat pada Jumat (21/8).

Orang-orang dalam kelompok sekitar 100 orang pada Kamis malam (20/8) dan sebelum fajar hari Jumat (21/8), mencoret-coret gedung dengan cat semprot, melemparkan batu dan botol ke petugas dan menyoroti mereka dengan lampu laser, kata polisi Portland dalam sebuah pernyataan.

Para petugas keamanan menyemprotkan asap atau gas air mata dan menggunakan mesiu untuk mengendalikan kerumunan dalam upaya membubarkan massa, tulis surat kabar The Oregonian/OregonLive. Tiga orang ditangkap, kata polisi dalam pernyataannya.

Kekerasan itu terjadi sehari setelah pengunjuk rasa bentrok dengan petugas federal untuk pertama kalinya sejak Juli, dalam demonstrasi yang juga menarget gedung ICE. Dua orang ditangkap dan beberapa petugas luka ringan.

Sejumlah gedung federal di seluruh kota ditutup hari Jumat (21/8), ketika FBI menyelidiki ancaman bom mobil. Badan itu mengatakan dalam sebuah pernyataan, penyelidik mengetahui ancaman yang dibuat terhadap gedung federal dan berupaya mencari apakah ancaman yang dilaporkan hari Kamis itu dapat dipercaya. [ps/pp]

XS
SM
MD
LG