Tautan-tautan Akses

AS

Penggunaan Marijuana Sah di California, Negara Bagian Terbesar di AS


Berbagai jenis ganja dipajang di apotek KindPeoples di Santa Cruz, California, 29 Desember 2017. (Foto: dok).

Penjualan dan penggunaan marijuana untuk rekreasi sekarang sah di California.

Pada tengah malam di Hari Tahun Baru, California menjadi negara keenam dari 50 negara bagian Amerika Serikat, bersama dengan Ibukota nasional Washington, DC, mengesahkan penggunaan ganja, walaupun pemerintah federal masih mengklasifikasikan penjualan dan pemilikannya sebagai tindak pidana. Colorado, Washington, Oregon, Alaska dan Nevada adalah negara bagian Amerika Serikat lainnya di mana penjualan ganja untuk rekreasi diatur.

Dengan disahkannya penggunaan ganja di California, di mana terdapat 39 juta orang penduduk, lebih dari satu dari tiap lima orang Amerika sekarang tinggal di negara bagian di mana obat tersebut dijual untuk keperluan umum dan tidak hanya untuk pengobatan.

Di California, orang dewasa berusia 21 dan lebih, boleh menanam hingga enam tanaman dan secara legal memiliki satu ons ganja, serupa dengan hukum di lima negara bagian lainnya yang telah memgesahkannya.

Tetapi penjualan ganja di California agaknya masih akan terbatas, karena hanya sekitar 90 bisnis yang telah mendapat lisensi untuk mengoperasikan penjualan eceran ganja sejak awal tahun baru. Tapi dari ke-90 bisnis resmi itu, tidak satupun terdapat di kota terbesar negara bagian, Los Angeles, atau di kota terbesar ketiga di San Francisco.

Undang-undang mengenai ganja California adalah satu dari puluhan peraturan baru yang berlaku di Amerika mulai tahun 2018.

Juga di California, para pengusaha tidak dapat lagi menanyakan kepada pelamar pekerjaan tentang riwayat gaji mereka sebelumnya, sedang perusahaan di Vermont sekarang dilarang untuk menanyakan tentang penggunaan media sosial oleh calon karyawan. Para pekerja New York sekarang dapat mengambil cuti keluarga selama delapan minggu untuk mengurus bayi yang baru lahir, adopsi atau anak asuh atau anggota keluarga yang sakit.

Di Illinois, hewan peliharaan sekarang akan diperlakukan lebih seperti anak-anak dalam kasus perceraian yang diperdebatkan, di mana bekas pasangan diberi hak untuk mengasuh bersama atau secara bergantian. [sp/ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG