Tautan-tautan Akses

Pengadilan Pakistan Izinkan Partai Hafiz Saeed Daftar ke Komisi Pemilu


Mohammad Yaqoob Sheikh, kanan, kandidat dari Liga Mili Muslim, membagikan surat edaran dalam kampanye untuk Majelis Nasional NA-120, di Lahore, Pakistan, 10 September 2017.

Pengadilan Tinggi di Islamabad, Kamis (8/3), mengeluarkan perintah kepada komisi pemilu untuk mengizinkan pendaftaran Liga Muslim Milli, partai politik yang didirikan dalang serangan teroris Mumbai 2008, Hafiz Saeed.

Menurut laporan berita, Komisi Pemilu Pakistan menolak mengizinkan MML mendaftarkan diri sebagai partai politik untuk mengikuti pemilu 2018.

Laporan-laporan mengaitkan MML dengan Lashkar-e-Taiba dan Jamaat-ud-Dawa, keduanya didirikan oleh Saeed.

Dalam tanda dukungan lain bagi Saeed, pengadilan di Lahore, Rabu (7/3), melarang pemerintah provinsi dan federal menahan Saeed dan mencegah pemerintah mengenakan status tahanan rumah terhadapnya.

Saeed mengajukan petisi di Pengadilan Tinggi Lahore pada Januari, menyampaikan keprihatinan bahwa pemerintah mungkin sedang mempertimbangkan untuk memenjarakannya atau mengenakan status tahanan rumah terhadap dirinya karena tekanan yang meningkat dari Amerika dan India.

Pemerintah negara bagian Punjab dan pemerintah federal Pakistan belum menanggapi tuduhan Saeed di pengadilan itu.

Pengadilan telah menginstruksikan kepada pemerintah untuk menyampaikan tanggapannya paling lambat 4 April.

Ulama itu mengajukan masalah ini ke pengadilan sebelum kedatangan delegasi DK PBB ke Pakistan akhir Januari lalu. Delegasi itu berada di Pakistan untuk memantau tindakan yang diambil oleh pemerintah terhadap individu dan organisasi yang masuk dalam daftar pengawasan teror PBB. [my/ds]

XS
SM
MD
LG