Tautan-tautan Akses

Pengadilan Jerman Putuskan Bersalah 2 Mantan Pegawai Heckler & Koch


Kantor pusat 'Heckler & Koch' di Oberndorf, Jerman, 3 November 2016. (Foto: dok).
Kantor pusat 'Heckler & Koch' di Oberndorf, Jerman, 3 November 2016. (Foto: dok).

Sebuah pengadilan Jerman, Kamis (21/2), mengeluarkan vonis bersalah terhadap dua mantan pegawai perusahaan pembuat senjata Heckler & Koch atas peran mereka dalam pengiriman senjata yang berakhir di kawasan-kawasan yang rusuh di Meksiko dan memerintahkan penyitaan uang yang diperoleh dari penjualan bernilai total 4,2 juta dolar itu.

Pengadilan Negara Bagian Stuttgart menyatakan mantan manajer penjualan perusahaan itu mengekspor barang dengan cara memalsukan izin penjualan. Seorang pegawai tata usaha yang dituduh membantunya juga dinyatakan bersalah.

Kedua orang itu dijatuhi masing-masing hukuman 22 dan 17 bulan penjara yang ditunda pelaksanaannya. Tiga terdakwa lain, dua mantan manajer ekspor dan seorang wakil manajer penjualan, dibebaskan dari tuduhan.

Pengadilan itu mengatakan, Heckler & Koch mengirim 4.219 senapan serang, dua senjata mitraliur, dan 1.759 magasin amunisi ke Meksiko. Di Meksiko, pusat perdagangan senjata di sana menjualnya ke beberapa negara bagian, termasuk Jalisco, Chiapas, Chihuahua dan Guerrero.

Yang memprihatinkan, menurut kelompok-kelompok HAM, senjata-senjata api yang dikirim ke Meksiko itu berakhir di tangan kartel-kartel narkoba. [ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG