Tautan-tautan Akses

AS

Pengadilan Federal AS Mulai Sidang Penipuan Pernikahan Skala Besar


Belasan orang mulai disidangkan atas kasus "kawin palsu" sebagai cara untuk mendapatkan status penduduk tetap di AS. (Foto: dok).

Belasan orang telah dihadirkan di sebuah pengadilan federal di Texas pekan ini terkait “skema penipuan pernikahan berskala besar”yang berusaha memanfatkan pernikahan pura-pura sebagai cara untuk memperoleh status penduduk tetap di AS.

Sejauh ini pihak berwenang Amerika telah menangkap 50 dari hampir 100 orang yang didakwa melakukan berbagai kejahatan termasuk penipuan pernikahan, penipuan surat, penipuan imigrasi, berbohong di bawah sumpah, dan mengganggu saksi mata.

Menurut dakwaan grand jury pekan lalu, skema itu dijalankan di negara bagian Texas, dan melibatkan orang-orang yang berdomisili di sana dan di Vietnam.

Dokumen pengadilan membeberkan pengaturan di mana mereka yang ingin memperoleh status penduduk tetap di Amerika Serikat membayar antara 50 ribu dan 70 ribu dolar ke organisasi yang dipimpin Ashley Yen Nguyen.

Orang-orang itu kemudian dipasangkan dengan seorang warga negara Amerika yang direkrut organisasi tersebut, yang akan diberi sebagian pembayaran dan dalam beberapa kasus akan merekrut warga negara lainnya untuk ambil bagian juga dalam skema tersebut.

Agar aplikasi imigrasi mereka terlihat sah, pihak berwenang menyatakan organisasi itu membantu mereka yang terlibat dalam membuat album foto pernikahan dan menyediakan dokumen palsu terkait pajak, tagihan listrik dan air serta catatan kepegawaian.

Para jaksa menyatakan pernikahan palsu itu mencakup pasangan yang tidak pernah tinggal bersama dan tidak bermaksud tinggal bersama, yang bertemu sebentar sebelum mengajukan aplikasi untuk mendapat akta nikah apabila mereka memang benar-benar bertemu langsung, dan mereka yang menikah berdasarkan pengaturan dengan imbalan uang yang diatur organisasi Nguyen. [ab]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG