Tautan-tautan Akses

Pengadilan Belgia Perintahkan Facebook Hentikan Pengumpulan Data


Sebuah logo Facebook tampak dalam konferensi Kumpul-Kumpul Facebook di Brussels, Belgia, 23 Januari 2018 (foto: REUTERS/Yves Herman)

Media Belgia mengatakan sebuah pengadilan di Brussels telah memerintahkan Facebook untuk menghentikan pengumpulan data warga negara itu atau menghadapi hukuman denda untuk setiap hari kegagalan perusahaan itu tunduk pada keputusan pengadilan.

Harian De Standaard melaporkan hari Jumat bahwa pengadilan mendukung temuan komisi privasi Belgia bahwa Facebook mengumpulkan data tanpa seizin para penggunanya.

Harian tersebut menyatakan pengadilan menyimpulkan bahwa Facebook tidak cukup memberi informasi yang memadai pada para penggunanya bahwa perusahaan itu mengumpulkan informasi, jenis detail apa yang disimpan dan untuk berapa lama, atau apa yang perusahaan lakukan dengan data yang dikumpulkannya.

Pengadilan itu telah memutuskan bahwa Facebook harus berhenti melacak dan mendaftarkan penggunaan internet oleh warga Belgia secara online dan menghancurkan semua data yang diperolehnya secara ilegal atau menghadapi hukuman denda 250.000 Euro ($311.500) untuk setiap hari penundaan. [ww]

XS
SM
MD
LG