Tautan-tautan Akses

AS

Pengacara Trump: Saya Tak Pernah Bilang 'Tak Ada Kolusi Rusia dan Tim Kampanye Trump'


Pengacara Presiden Donald Trump, Rudy Giuliani

Pengacara Presiden Donald Trump, Rudy Giuliani mengatakan dia "tidak pernah mengatakan tidak ada kolusi" antara Rusia dan anggota kampanye Trump untuk menduduki Gedung Putih pada tahun 2016.

Komentar Giuliani pada Rabu malam di CNN secara langsung bertentangan dengan posisi kliennya sendiri, yang telah berulang kali bersikeras bahwa tidak ada kolusi selama kampanyenya yang berhasil menuju Gedung Putih. Giuliani sendiri menggambarkan ide kolusi Rusia sebagai "mutlak berita palsu".

Tidak jelas apakah Giuliani mencerminkan posisi baru atau poin pembicaraan dari tim hukum Trump atau sedang membuat upaya strategis untuk menangkis temuan penasihat khusus Robert Mueller yang berpotensi merusak. Mueller telah menyelidiki potensi koordinasi antara Rusia dan kampanye presiden.

Giuliani mengatakan bahwa kalaupun ada anggota kampanyenya yang melakukan kesalahan, presiden tidak ambil bagian dari kolusi tersebut.

"Tidak ada sedikit pun bukti bahwa presiden Amerika Serikat melakukan satu-satunya kejahatan yang dapat dilakukan di sini, berkonspirasi dengan Rusia untuk meretas DNC," kata Giuliani, merujuk pada Komite Nasional Demokrat.

Komentar tentang kolusi muncul setelah Giuliani diingatkan mengenai tuduhan jaksa penuntut bahwa mantan ketua kampanye Trump Paul Manafort berbohong tentang berbagi data jajak pendapat kampanye dengan rekanan pemerintah AS yang memiliki kaitan dengan intelijen Rusia.

Sejauh ini, Mueller telah mendakwa 33 orang, termasuk lima rekanan Trump dan 32 orang Rusia yang dituduh ikut campur dalam pemilu baik melalui peretasan atau melalui kampanye media sosial tersembunyi yang bertujuan untuk mempengaruhi opini publik Amerika.

Pengacara Trump: Saya Tidak Pernah Bilang 'Tidak Ada Kolusi Rusia dan Tim Kampanye Trump'
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:13 0:00

Giuliani juga mengatakan tim hukum Trump telah memberi tahu Mueller bahwa presiden tidak akan menjawab pertanyaan tambahan dari jaksa. Trump sejauh ini hanya menjawab sejumlah pertanyaan secara tertulis. Pengacara Trump telah menolak gagasan untuk wawancara tatap muka dengan tim Mueller atau Trump ditanyai tentang kemungkinan menghalangi proses peradilan atau tindakan lain yang ambilnya sebagai presiden.

William Barr, calon Trump untuk jaksa agung, mengatakan kepada Komite Kehakiman Senat minggu ini bahwa dia tidak akan mengganggu permintaan Mueller untuk memanggil presiden guna memaksa dia memberi kesaksian "jika ada dasar faktual untuk melakukannya. [as]

XS
SM
MD
LG