Tautan-tautan Akses

Penerima Transplantasi Wajah Sebagian Pertama AS, Meninggal Dunia


Connie Culp, penerima transplantasi wajah pertama di AS, berbicara kepada wartawan di Klinik Cleveland, 14 September 2010. Conny meninggal pada 29 Juli 2020 karena komplikasi yang tak terkait dengan transplantasi.

Penerima transplantasi wajah sebagian pertama di AS telah meninggal dunia. Dia meninggal 12 tahun setelah menjalani pembedahan.

Klinik Cleveland mengatakan, Sabtu (1/8), bahwa Connie Culp, 57 tahun, meninggal dunia pada Rabu (29/7) di klinik di Ohio itu karena komplikasi dari sebuah infeksi yang tak terkait dengan transplantasi wajahnya.

Pembedahan dilakukan di klinik tersebut pada 2008.

Dr. Frank Papay adalah kepala institut bedah dermatologi dan plastik Klinik Cleveland dan termasuk anggota tim bedah Culp. Papay mengatakan dalam pernyataan bahwa Culp merupakan sosok yang kuat karena hingga kini "dia merupakan pasien transplantasi wajah yang paling panjang umurnya."

Suami Culp menembak wajahnya pada 2004 dalam percobaan pembunuhan dan bunuh diri yang berhasil digagalkan. Suaminya dipenjara tujuh tahun. Insiden itu menghancurkan hidung Culp, menghancurkan pipinya dan merusak penglihatannya.

Culp menjalani 30 operasi. [vm/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG