Tautan-tautan Akses

Penerbit Inggris Ajukan Banding atas Keputusan Terkait Privasi Meghan


Meghan, Duchess of Sussex tersenyum selama kunjungannya bersama Pangeran Harry ke Canada House, di London. (Foto: AP)

Sebuah penerbit surat kabar Inggris mengatakan, Selasa (2/3), pihaknya berencana untuk mengajukan banding terhadap keputusan hakim yang menyatakan ia melanggar privasi Meghan Markle atau Duchess of Sussex. Penerbit tersebut memuat sebagian dari surat yang Meghan tulis untuk ayahnya setelah pernikahannya dengan Pangeran Harry tahun 2018.

Mantan aktris Amerika berusia 39 tahun, Meghan Markle, menggugat penerbit Associated Newspapers karena melanggar privasi dan hak cipta terhadap lima artikel yang diterbitkan di Mail on Sunday dan MailOnline pada Februari 2019. Artikel tersebut mereproduksi sebagian besar suratnya kepada ayahnya Thomas Markle.

Hakim Pengadilan Tinggi Mark Warby pada bulan lalu memutuskan bahwa penerbit menyalahgunakan informasi pribadi keluarga kerajaan dan melanggar hak ciptanya. Dia mengatakan bahwa perempuan itu "memiliki harapan yang masuk akal bahwa isi surat ini akan dirahasiakan" dan menyimpulkan bahwa sejumlah besar publikasi surat kabar itu "jelas berlebihan dan karena itu ilegal."

Dalam dokumen tertulis yang dirilis pada sidang pengadilan pada hari Selasa (2/3), sebagaimana dilansir dari Associated Press, pengacara surat kabar terkait, Antony White, mengajukan banding dan menyatakan bahwa proposal untuk membatalkan putusan Warby "memiliki prospek sukses yang nyata."

Pengacara penerbit percaya bahwa Meghan itu tidak hanya menulis surat untuk informasi pribadi ayahnya, tetapi juga "dicatat secara terbuka atas saran anggota keluarga kerajaan dan interogator pengadilan dan digunakan sebagai bagian dari strategi media."

Hakim menolak untuk mengizinkan banding. Dia mengatakan dia yakin bahwa pengadilan lain "tidak memiliki prospek nyata" untuk mencapai kesimpulan yang berbeda dari kesimpulannya.

“Pengadilan Banding, tentu saja, mungkin mengambil pandangan berbeda,” katanya, seraya menambahkan bahwa Associated Newspapers dapat membawa kasusnya langsung ke pengadilan banding.

Pada saat yang sama, pengacara Megan meminta penerbit untuk menyerahkan surat itu dan menghancurkan salinan atau catatan elektronik apa pun yang ada di dalamnya. Mereka juga meminta hakim untuk memerintahkan Mail on Sunday untuk menghapus lima artikel dari webnya dan memuat pernyataan di halaman depan tentang kemenangan Meghan.

Ian Mill, pengacara Meghan, mengatakan "terdakwa terus melakukan tindakan yang menurut pengadilan melanggar hukum."

Pengacara penerbit setuju untuk menghapus artikel dari situs web sampai masalah hukum diselesaikan. Hakim tidak segera memutuskan permintaan penyerahan surat tersebut.

Dia memerintahkan Associated Newspapers untuk sementara membayar biaya hukum Meghan sebesar 450.000 pound ($625 ribu), dan mengatakan bahwa "pemulihan finansial" akan diproses lebih lanjut nanti.

Meghan adalah mantan aktris serial televisi Amerika "Suits." Dia menikah dengan cucu Ratu Elizabeth II Pangeran Harry di Kastil Windsor pada Mei 2018. Putra mereka Archie lahir pada tahun berikutnya.

Pada awal 2020, Meghan dan Harry mengumumkan mereka mengundurkan diri dari tugas kerajaan dan pindah ke Amerika Utara dengan alasan apa yang mereka katakan adalah pelecehan yang tak tertahankan dan sikap rasis dari media Inggris. Mereka baru-baru ini membeli rumah di Santa Barbara, California, dan menantikan anak kedua mereka. [na/ah]

Recommended

XS
SM
MD
LG