Tautan-tautan Akses

Peneliti Kanada Buat Rumah Jahe Terkecil di Dunia


Pusat Mikroskop Elektron Kanada di Universitas McMaster di Hamilton, Kanada, memperlihatkan rumah jahe terkecil di dunia, yang dipasang di ata boneka manusia salju, 18 Desember 2019. (Foto: AFP)

Seorang peneliti Kanada, Rabu (18/12), meluncurkan rumah jahe yang sangat kecil hingga hanya bisa dilihat dengan mikroskop.

Berukuran setengah dari rumah jaeh yang dibuat di Perancis tahun tahun lalu, hiasan khas Natal itu dipotong dan diukir dari silicon, lengkap dengan batubata dan keset dari bergambar bendera Kanada.

Peneliti dari Universitas McMaster, Travis Casagrande, mengatakan dia menggunakan sinar yang berisi ion gallium yang berfungsi seperti alat penghalus permukaan.

Dalam gambar yang dirilis oleh Hamilton, sekolah Pusat Mikroskoping Elektron Kanada di Ontario, menunjukkan rumah jahe itu berdiri di atas topi di kepala manusia salju yang sedang mengedipkan mata. Manusia salju itu terbuat dari material yang digunakan pada riset baterai lithium-ion.

Pusat Mikroskop Elektron Kanada di Universitas McMaster di Hamilton, Kanada, memperlihatkan rumah jahe terkecil di dunia, 18 Desember 2019. (Foto: AFP)
Pusat Mikroskop Elektron Kanada di Universitas McMaster di Hamilton, Kanada, memperlihatkan rumah jahe terkecil di dunia, 18 Desember 2019. (Foto: AFP)

Sepasang dekorasi yang disusun di atas satu sama lain tidak lebih panjang dari diameter selembar rambut manusia.

“Meski semangat dekorasi baru adalah kemeriahan, tujuan dari proyek,” kata Casagrande, “adalah untuk menunjukkan kapabilitas dari sekolah ini” dan “mendorong keingintahuan pengetahuan di antara masyarakat.”

Ruang di pusat electron yang berisi 10 mikroskop electron biasanya digunakan untuk riset-riset material. [ft]

XS
SM
MD
LG