Tautan-tautan Akses

Peneliti Buktikan Leonardo Da Vinci Bisa Melukis dengan Kedua Tangan


"Madonna (Virgin) of the Rocks" salah satu lukisan karya Leonardo da Vinci.
"Madonna (Virgin) of the Rocks" salah satu lukisan karya Leonardo da Vinci.

Para peneliti di Galeri Uffizi, Florence, Italia telah membuktikan apa yang diduga sejak lama, bahwa pelukis genius jaman renaisans, Leonardo Da Vinci mampu menulis, menggambar, dan melukis dengan kedua tangan.

Lembaga penelitian dan restorasi museum itu mengukuhkan Da Vinci mampu melukis dengan kedua tangannya dengan sama baiknya. Lembaga itu membuktikannya dengan menganalisa gambar yang dikenal sebagai Landscape (8P), yang diyakini sebagai karya pertamanya tahun 1473, ketika pelukis itu berusia 21 tahun.

Gambar sungai Arno yang mengalir melalui Florence dan kastil Montelupo di latar belakangnya, juga menampilkan dua tulisan tangan, satu di bagian depan ditulis terbalik dan satu lagi di belakang ditulis dari kiri ke kanan.

Para peneliti menunjukkan bahwa kedua tulisan itu dilakukan oleh seniman yang "menggunakan tangan kirinya untuk menulis seperti dalam 'tulisan cermin' di bagian depan, sementara ia menggunakan tangan kanannya untuk menulis di balik lukisan itu dengan tulisan biasa," kata Uffizi. dalam sebuah pernyataan.

"Leonardo dilahirkan dengan kidal tetapi ia dididik pada usia dini untuk menggunakan tangan kanannya”, kata pakar sejarah seni, Cecilia Frosinini.

Penelitian itu selesai sebelum lukisan itu dikembalikan ke tempat kelahiran Leonardo, Vinci, sebagai bagian dari pameran yang menandai 500 tahun sejak meninggalnya. (ps)

XS
SM
MD
LG