Tautan-tautan Akses

AS

Pendukung Hak Aborsi Berdemonstrasi di Amerika


Senator AS Amy Klobuchar berbicara pada protes para pendukung hak aborsi di depan kantor Mahkamah Agung AS, Selasa (21/5).

Puluhan demonstran yang mendukung hak-hak aborsi hari Selasa (21/5) berdemonstrasi di seluruh Amerika, termasuk di luar Mahkamah Agung di Washington.

Demonstrasi ini menarget serangkaian undang-undang anti aborsi yang diadopsi oleh badan legislatif negara bagian konservatif baru-baru ini. Undang-undang baru itu telah memberlakukan serangkaian pembatasan, seringkali membatasi aborsi pada beberapa minggu pertama kehamilan seorang perempuan dan kadang-kadang sebelum seorang perempuan tahu bahwa ia hamil.

Demonstrasi “StopTheBans” ini disponsori oleh American Civil Liberties Union dan NARAL Pro-Choice America, Planned Parenthood Action Fund dan sejumlah kelompok hak-hak aborsi lainnya.

“Di seluruh Amerika, kami melihat gelombang baru larangan aborsi yang ekstrem, yang menghilangkan kebebasan reproduksi dan menunjukkan serangan habis-habisan terhadap akses melakukan aborsi,” demikian pernyataan kelompok-kelompok itu.

Mereka menggambarkan undang-undang baru yang diadopsi atau menuju diberlakukannya undang-undang itu di Mississippi, Alabama, Ohio, Missouri dan di tempat-tempat lain itu sebagai “gerakan anti pilihan Presiden Donald Trump… dan itu menakutkan, terutama bagi perempuan kulit berwarna dan perempuan berpenghasilan rendah yang paling terkena dampak larangan ini.” (em)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG