Tautan-tautan Akses

Penduduk Somalia Lawan Militan Al-Shabab yang Rekrut Anak-anak


ARSIP – Anggota militan Al-Shabab berbaris dengan persenjataannya dalam latihan militer di pinggiran Mogadishu, Somalia, 17 Februari 2011 (foto: AP Photo/Mohamed Sheikh Nor, Arsip)

Sekurangnya 15 orang tewas di Somalia tengah ketika penduduk desa bentrok dengan militan Al-Shabab yang mencoba merekrut anak-anak mereka sebagai pejuang.

Menurut sumber-sumber lokal, 10 orang militan dan lima penduduk desa tewas dalam pertempuran di desa Aad, di kawasan Galmudug di bagian tengah Somalia.

Seorang warga desa mengatakan kepada VOA para militan bertemu dengan tetua setempat dua hari yang lalu dan meminta bantuan untuk perekrutan. "Pertempuran terjadi setelah mereka meminta kami menyediakan anak-anak kecil untuk berjuang bersama mereka," katanya.

Ia mengatakan penduduk desa memutuskan untuk melawan, tetapi Al-Shabab menyerbu desa itu, dan menguasainya.

"Mereka menggunakan kekuatan, mereka ingin mengambil anak-anak, mereka menginginkan ternak, pertempuran belum berakhir," katanya.

Wakil menteri keamanan regional Galmudug, Mahad Hassan Mohamed mengatakan kepada VOA bahwa penduduk desa membela diri.

"Al-Shabab ingin mengambil anak-anak mereka dan membawa mereka ke madrasah Al-Shabab. Warga menolak hal ini," kata Mohamed.

Militan Shabab mengatakan mereka membela desa itu setelah serangan pasukan regional yang menewaskan 15 tentara regional. [my/ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG