Tautan-tautan Akses

AS

Pence Pesan Burger, Isyaratkan Pergeseran Fokus pada Prioritas Pandemi


Wakil Presiden AS Mike Pence memesan makan siang dari Beth Steele, pemilik kedai hamburger, Beth’s Burger Bar di Orlando, Florida, 20 Mei 2020. (Steve Herman/VOA)

Wakil Presiden AS Mike Pence memasuki sebuah kedai hamburger dan memesan makan siang pada Rabu (20/5).

Dalam situasi normal, kejadian itu mungkin tidak jadi kepala berita. Namun di tengah pandemi, itu merupakan hal signifikan. Pasalnya, tindakan Pence menandai pergeseran fokus dari darurat kesehatan masyarakat ke pemulihan ekonomi.

Dengan didampingi oleh Gubernur Florida Ron DeSantis, Pence berdiri di samping kasir Beth’s Burger Bar di Orlando, Dia memesan satu burger keju dengan acar dan kentang goreng. Wapres membayar pesanannya dan pesanan gubernur (total $24.72 atau sekitar Rp 364 ribu).

Tindakan Pence merupakan aksi simbolis menuju pemulihan ekonomi Florida, yang sangat bergantung pada pariwisata dan tergerus akibat virus korona.

Kedua politisi itu, sebelum duduk di sebuah meja dalam ruangan untuk makan, berinteraksi dengan sejumlah pelanggan yang ingin berbincang mengenai basket, bukan pandemi ataupun politik.

Tak ada seorang pun yang mengenakan masker.

"Kita tahu bahwa kita telah menekan penyebaran. Sekarang kita membuka kembali," kata Wapres Pence kepada pemilik restoran Beth Steele.

“Kami siap bekerja kembali," jawab Steele yang mengatakan kehilangan 80 persen bisnisnya selama karantina wilayah, mengandalkan pesanan ambil dan antar.

Virus corona telah menginfeksi 1.5 juta orang dan menewaskan 93 ribu di AS, dan masih terus menyebar di sebagian wilayah di negara itu. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG