Tautan-tautan Akses

Wapres Pence: Amerika yang Utama Bukan Berarti "AS yang Terkucil"


Wakil Presiden AS Mike Pence berbicara di hadapan ratusan tentara Polandia dan AS di Warsawa hari Rabu (13/2).
Wakil Presiden AS Mike Pence berbicara di hadapan ratusan tentara Polandia dan AS di Warsawa hari Rabu (13/2).

Wakil Presiden AS Mike Pence menyampaikan pesan dukungan yang kuat bagi sekutu-sekutu NATO di hadapan ratusan tentara Polandia dan AS di Warsawa hari Rabu (13/2) dan mengatakan kepada mereka bahwa, "Amerika yang utama bukan berarti Amerika yang terkucil."

Pence menyampaikan pidatonya di sebuah hanggar di bandara Warsawa pada awal kunjungan empat hari ke Eropa. Selama perjalanannya, Pence akan berpartisipasi dalam sebuah konferensi mengenai Timur Tengah yang dimulai di Warsawa pada hari Rabu; ia juga akan mengunjungi Auschwitz dan situs bersejarah lainnya serta menghadiri Konferensi Keamanan tahunan Munich di Jerman pada akhir pekan.

"Kita bersatu membela aliansi kita dan semua yang dekat dengan kita dan setiap negara anggota memiliki peran penting," kata Pence kepada ratusan tentara.

Lawatan Pence di Polandia dilakukan ketika negara Eropa Tengah itu melobi Washington untuk menempatkan pangkalan permanen AS di negaranya sementara kekhawatiran di wilayah itu semakin tinggi akan kebangkitan kembali Rusia.

Setelah invasi Rusia terhadap Ukraina pada 2014, Amerika mengerahkan sekitar 5.000 tentara secara bergilir ke Polandia untuk memperkuat pertahanan dan meredakan ketakutan negara itu. (my)

‚Äč
XS
SM
MD
LG