Tautan-tautan Akses

Pencarian Remaja-Remaja Thailand yang Hilang di Gua Berlanjut


Tim penyelamat berkumpul di mulut gua dimana sekelompok remaja hilang di Chiang Rai, Thailand utara, Senin, 25 Juni 2018 (foto: Thai News Pix via AP)
Tim penyelamat berkumpul di mulut gua dimana sekelompok remaja hilang di Chiang Rai, Thailand utara, Senin, 25 Juni 2018 (foto: Thai News Pix via AP)

Pencarian atas 12 pemain sepak bola remaja Thailand dan asisten pelatih yang hilang terus berlanjut selama akhir pekan. Mereka diperkirakan terperangkap di dalam gua yang banjir di dekat perbatasan Thailand-Myanmar.

Keluarga dan teman-teman mengadakan doa bersama ketika tim pencarian terus melanjutkan tugas mereka di Thailand utara.

Kadang para orang tua tidak tidur, dan berkumpul bersama di bawah tenda untuk menunggu kabar mengenai orang-orang yang mereka cintai.

"Semua orang sangat sedih dan mereka datang untuk saling memberi dukungan. Mereka memasak makanan dan berbagi dengan semua keluarga dan kerabat anak-anak yang hilang," ujar salah seorang paman remaja yang hilang, Sam Wongsukchan.

Tim penyelamat telah bekerja tanpa henti untuk mencapai tempat-tempat di dalam gua yang banjir akibat naiknya permukaan air karena hujan.

Ditemukan lubang terbuka di atas gua sekitar tiga kilometer dari pintu masuk gua, dan ini meningkatkan harapan untuk bisa mengirim makanan ke dalam gua.

“Kami khawatir tentang nasib para remaja di dalam gua itu. Kami khawatir tentang udara untuk bernapas dan naiknya ketinggian air tetapi kami sadar mereka adalah atlet, pemain sepak bola. Mereka memiliki kekuatan dan mereka tahu tentang gua itu dan telah keluar masuk, empat, lima kali," ujar Gai Samtong, salah seorang anggota penyelamat Thailand.

Sepak bola telah lama menjadi olahraga populer di masyarakat. Pelatih kepala Nopparta Kantawong, yang tidak ikut pada latihan akhir pekan, merupakan ikatan kuat bagi tim yang akan menyelamatkan mereka.

"Tim mereka sangat kuat, pasti mereka memiliki ikatan itu. Dan kepemimpinan asisten pelatih akan menjaga mereka bersama. Asisten tim saya tinggal dan bekerja dengan saya sejak kami membentuk tim itu. Dia punya hubungan yang baik dengan tim dan tim sangat mencintainya," ujar Kanthawong.

Sambil pencarian berlangsung di dalam gua-gua besar, banyak yang yakin bahwa mereka akan diselamatkan sebelum akhir pekan. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG