Tautan-tautan Akses

Jumlah Pencari Suaka Melonjak di Kanada


Stadion Olimpiade (Olympic stadium) di Montreal, Quebec, menjadi salah satu tempat penampungan bagi para pencari suaka di Kanada.

Jumlah pencari suaka yang masuk ke Kanada secara ilegal dengan melintasi perbatasan Amerika naik lebih dari tiga kali lipat bulan lalu, menurut data pemerintah Kanada yang dirilis hari Kamis (17/8), sementara migran yang khawatir akan tindakan keras imigrasi pemerintah Amerika menuju ke utara.

Lebih dari 3.100 orang yang melintasi perbatasan secara ilegal Juli lalu untuk mengajukan klaim sebagai pengungsi dan ditangkap, naik dari 884 pada Juni, kata pemerintah federal.

96 Persen dari mereka pergi ke Quebec. Masuknya pencari suaka, terutama warga Haiti, menuai reaksi negatif dari politisi oposisi dan kelompok anti-imigran di provinsi yang utamanya berbahasa Perancis itu.

Dalam 15 hari pertama bulan ini, 3.800 pencari suaka tambahan ditangkap melintasi perbatasan Amerika ke Quebec, ujar Polisi Kanada.

Lebih dari 1.000 orang tinggal dalam tenda dan fasilitas pemerintah di Lacolle, Quebec, yang berbatasan dengan bagian utara New York.

Lonjakan pencari suaka itu menuai protes kelompok anti-migran yang berpendapat, Kanada bersikap lunak terhadap pelanggar hukum. [ka/jm]

XS
SM
MD
LG