Tautan-tautan Akses

Penasihat CDC AS Rekomendasikan Suntikan RSV Tersedia untuk Orang Dewasa yang Lebih Tua


Proses pembuatan vaksin Abrysvo untuk menangkal respiratory syncytial virus (RSV) berlangsung di pabrik produsen obat Pfizer. (Foto: Pfizer/Handout via Reuters)
Proses pembuatan vaksin Abrysvo untuk menangkal respiratory syncytial virus (RSV) berlangsung di pabrik produsen obat Pfizer. (Foto: Pfizer/Handout via Reuters)

Panel penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), pada Rabu (21/6), merekomendasikan agar vaksin baru dari Pfizer dan GSK untuk mencegah infeksi virus pernapasan syncytial (RSV) yang parah disediakan bagi orang dewasa yang lebih tua di AS. Meski demikian CDC tidak mengatakan bahwa mereka semua harus mendapat suntikan itu.

Dalam dua pemungutan suara terpisah, Komite Penasihat Praktek Imunisasi CDC (ACIP) mengatakan bahwa orang berusia 60 tahun ke atas bisa mendapat suntikan RSV setelah berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan.

Rekomendasi tersebut bukanlah yang terkuat yang dikeluarkan oleh ACIP terkait suntikan tersebut. Beberapa anggota komite menginginkan rekomendasi yang lebih luas, tetapi yang lainnya khawatir tidak ada cukup data tentang seberapa efektif vaksin tersebut pada orang berusia di atas 75 tahun dan kelompok berisiko tinggi lainnya.

"Mereka yang berisiko tinggi terkena penyakit dan berisiko tinggi dirawat di rumah sakit dan meninggal sebenarnya tidak termasuk dalam uji coba," kata anggota komite Dr. Helen Keipp Talbot. "Populasi pasien yang berpartisipasi dalam penelitian ini lebih muda dan lebih sehat dan memiliki kondisi komorbiditas yang lebih sedikit, tidak mengalami gangguan kekebalan dan tidak tinggal di panti jompo."

Direktur CDC perlu menandatangani rekomendasi tersebut sebelum vaksin bisa tersedia. Kedua produsen obat itu mengatakan mereka berharap bisa memasok suntikan menjelang musim RSV akhir tahun ini.

RSV biasanya menyebabkan gejala seperti flu ringan tetapi juga bisa menyebabkan penyakit serius dan rawat inap. Menurut data pemerintah, RSV diperkirakan menyebabkan 14.000 lebih kematian setiap tahun pada orang dewasa berusia 65 tahun ke atas di Amerika Serikat.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) pada bulan lalu menyetujui vaksin RSV dari GSK, yang diberi nama Arexvy, dan vaksi buatan Pfizer, Abrysvo, untuk orang-orang berusia 60 tahun ke atas agar mereka terlindung dari penyakit saluran pernapasan yang disebubkan oleh virus tersebut. [my/rs]

Forum

‚Äč
XS
SM
MD
LG