Tautan-tautan Akses

Penangkapan Imigran Meningkat di Era Trump


Petugas imigrasi AS melakukan penangkapan imigran di Los Angeles, California (foto: ilustrasi).

Sikap tegas Presiden Amerika Donald Trump untuk menegakkan peraturan imigrasi telah meningkatkan penangkapan bukan-pejahat, tetapi ini bukan hal baru.

Keppres Trump untuk “Meningkatkan Keselamatan Publik di Dalam Negeri Amerika” yang dikeluarkan pada 25 Januari lalu telah mengubah aturan imigrasi yang selama ini, dengan membuka kesempatan untuk menangkap imigran yang tidak punya dokumen.

Dalam dua tahun terakhir kepemimpinannya, Presiden Barack Obama telah membatasi penangkapan imigran, yaitu hanya mereka yang telah melakukan kejahatan serius.

Dari Januari hingga Maret 2017 ini Badan Penegakan Imigrasi dan Bea Cukai ICE mengatakan telah menangkap 21.362 imigran, di mana 5.441 diantaranya adalah bukan penjahat.

Pada tahun 2016 – di bawah pemerintahan sebelumnya – ada 2.278 imigran bukan penjahat yang ditangkap. Pada bulan yang sama tahun 2015, jumlahnya mencapai 2.342. Namun penangkapan bukan penjahat meningkat drastis pada awal tahun 2014 ketika 7.483 imigran – yang tidak dihukum karena melakukan kejahatan apapun– ditangkap.

Kemudian pada bulan November 2014 Obama mengubah kebijakan penahanannya untuk melindungi orang-orang yang bukan penjahat. [em/ii]

XS
SM
MD
LG