Tautan-tautan Akses

Pemohonan Visa Pengarang Inggris Ditolak Australia


Kantor Departemen Imigrasi dan Proteksi Perbatasan Australia di Sydney. (Foto: dok).

Pengarang sekaligus penyiar asal Inggris, David Icke, yang dituding banyak pengecamnya menyebarkan sentimen anti-Yahudi dan dianggap pakar teori konspirasi, ditolak permohonan visanya oleh pemerintah Australia menjelang tur kelilingnya di negara kangguru itu untuk memperkenalkan bukunya.

Icke yang berusia 66 tahun mengatakan dari Amerika Serikat, Rabu, pemerintah Australia telah menghina setiap pria, perempuan dan anak Australia karena membatalkan tur Australianya yang dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 1 Maret,

Menteri Imigrasi Austarlia David Coleman mengatakan, ia tidak bisa membahas alasan penolakan permohonan visa perorangan.

Australia sudah sering menolak permohonan visa setelah mempertimbangkan perilaku pelamarnya. Mereka yang pernah ditolak termasuk penyanyi R&B Chris Brown; pembocor informasi rahasia Chelsea Manning; pencetus gerakan anti vaksin Kent Heckenlively; dan Gavin McInnes, pendiri Proud Boys, organisasi neo-fasis berhaluan kanan yang hanya menerima pria sebagai anggota dan mendukung kekerasan politik.

Australia memberlakukan kebijakan menolak visa bila ada resiko bahwa penerimanya akan mengganggu kelompok tertentu masyarakat Australia atau menimbulkan kekisruhan. [ab]

XS
SM
MD
LG