Tautan-tautan Akses

Pemimpin Venezuela Juan Guaido Memulai Lawatan Nasional


Pemimpin Venezuela Juan Guaido, yang dianggap presiden sementara, mengikuti unjuk rasa menentang Presiden Venezuela Nicolas Maduro di Valencia, Venezuela, 16 Maret 2019.
Pemimpin Venezuela Juan Guaido, yang dianggap presiden sementara, mengikuti unjuk rasa menentang Presiden Venezuela Nicolas Maduro di Valencia, Venezuela, 16 Maret 2019.

Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido, Sabtu (16/3), berada di Kota Valencia, Venezuela utara untuk memulai kunjungan di negara itu sebagai bagian dari upayanya untuk menggulingkan presiden Nicolas Maduro yang ditentang.

Guaido mencuit foto-foto kegiatan hari itu, menghadiri misa di Katedral Valencia dan mengunjungi pasar setempat, menyapa kerumunan pendukung di kedua tempat.

Dalam bahasa Spanyol, ia mencuit, "Mereka yang tinggal di sini dan berbelanja sedikit adalah pekerja keras yang layak untuk hidup lebih baik."

Ia mengatakan meskipun pasar pada Sabtu biasanya ramai "sibuk dan gembira,"pada Sabtu khusus ini malah penuh dengan teriakan harapan dan kebebasan.

Guaido menambahkan di pasar yang berumur 30 tahun itu, orang-orang merasakan dampak krisis ekonomi Venezuela, yang disebabkan oleh apa yang disebutnya sistem tidak manusiawi yang menghancurkan produksi dan daya beli rakyat.

Pada Jumat (15/3), Bank Pembangunan Inter-Amerika (IDB) secara resmi mengakui perwakilan Venezuela yang ditunjuk oleh Guaido. IDB adalah lembaga multilateral pertama yang mengambil tindakan seperti itu.

Bank tersebut adalah pemberi pinjaman regional terbesar di Amerika Latin dan langkah ini merupakan kemunduran besar bagi Presiden Nicolas Maduro. Tindakan itu akhirnya bisa memberikan pinjaman pembangunan ke Venezuela jika Maduro mengundurkan diri.[my]

XS
SM
MD
LG