Tautan-tautan Akses

Pemimpin Uni Eropa Bersidang Bahas Masalah Yunani


Mereka berselisih pendapat mengenai langkah-langkah yang perlu diambil untuk membantu perekonomian Yunani yang bermasalah.

Para pemimpin Uni Eropa memulai KTT dua hari mereka di Brussels, hari Kamis. Mereka berselisih pendapat mengenai langkah-langkah yang perlu diambil untuk membantu perekonomian Yunani yang bermasalah sementara nilai euro terhadap dolar merosot menjadi yang terendah dalam 10 bulan ini.

Jerman menentang dana talangan yang didanai Uni Eropa, seraya menyatakan para pembayar pajak seharusnya tidak dibebani hal ini.

Para anggota Uni Eropa lainnya, termasuk Perancis, enggan meminta Yunani agar meminta bantuan ke Dana Moneter Internasional, IMF. Mereka menyebut IMF sebagai tempat terakhir untuk meminta bantuan dan permintaan ke IMF merupakan isyarat Uni Eropa tidak mampu mengatasi masalah keuangannya sendiri.

Para menteri Uni Eropa hari Rabu gagal mencapai kesepakatan mengenai langkah yang perlu diambil menjelang KTT tersebut.

Yunani, satu dari 16 negara yang menggunakan mata uang euro, menghadapi defisit anggaran luar biasa besar dan terjerat utang sangat banyak.

Sejauh ini, Yunani tidak meminta dana talangan langsung. Namun Yunani menyatakan tidak dapat terus menerus meminjam dari pasar internasional dengan bunga sangat tinggi.

Sementara itu, badan pemeringkat kredit Fitch menurunkan peringkat Portugal, pengguna euro lainnya, karena negara itu dikhawatirkan tidak mampu membayar kembali pinjamannya.

XS
SM
MD
LG