Tautan-tautan Akses

Pemimpin Oposisi Harus Bayar Perusahaan Koki Presiden Rusia $ 1,4 Juta


Pemimpin oposisi Rusia, Aleksei Navalny
Pemimpin oposisi Rusia, Aleksei Navalny

Pengadilan Moskow, Rusia, telah memerintahkan dua pemimpin oposisi dan yayasan mereka untuk membayar ganti rugi 1,4 juta dolar kepada perusahaan yang terkait koki pribadi Presiden Vladimir Putin.

Pengadilan memutuskan hari Senin (28/10) bahwa Yayasan Anti-Korupsi Aleksei Navalny secara finansial merugikan kepentingan bisnis Moscow Pupil, pemasok makanan ke sekolah-sekolah di ibukota negara itu, kata pemimpin oposisi pada halaman Instagram-nya.

Lyubov Sobol, anggota Yayasan Anti-Korupsi yang membantu memimpin protes di Moskow musim panas ini, termasuk di antara para terdakwa yang disebutkan dalam gugatan itu. Moscow Pupil terkait orang yang dinilai dekat dengan Putin, Yeveny Prigozhin.

Yayasan Anti-Korupsi merilis video, menyalahkan perusahaan Prigozhin karena merebaknya keracunan makanan di sekolah-sekolah dan taman kanak-kanak Moskow Desember lalu. Komisi Penyelidik Rusia menuding pemasok lain, VITO-1, menurut laporan surat kabar Rusia, Kommersant.

Moscow Pupil mengaku kehilangan kontrak sebagai pemasok utama gara-gara video Navalny. Selain mendukung Moscow Pupil, pengadilan menuntut Yayasan Anti-Korupsi itu menghapus video tersebut.(ka/jm)

Recommended

XS
SM
MD
LG