Tautan-tautan Akses

Pemimpin Militer AS, Rusia Bertemu di Finlandia


Delegasi Rusia bersama Jenderal Valery Gerasimov (menuruni tangga pesawat), tiba di bandara Helsinki-Vantaa, Finladia, 8 Juni 2018.
Delegasi Rusia bersama Jenderal Valery Gerasimov (menuruni tangga pesawat), tiba di bandara Helsinki-Vantaa, Finladia, 8 Juni 2018.

Pejabat tinggi militer Amerika bertemu sejawatnya dari Rusia di Finlandia untuk saling bertukar pandangan mengenai hubungan militer Amerika dan Rusia, Suriah, serta situasi keamanan internasional sekarang ini.

Kantor berita Finlandia FNB menyebutkan pertemuan hari Jumat (8/6) antara Jenderal Joseph Dunford, Ketua Gabungan Kepala Staf Amerika dan Kepala Staf Umum militer Rusia Jenderal Valery Gerasimov, berlangsung di sebuah rumah milik pemerintah Finlandia yang biasa digunakan untuk pertemuan, negosiasi dan resepsi di sebelah utara ibukota, Helsinki.

Tidak ada konferensi pers atau pernyataan yang rencananya dikeluarkan seusai pertemuan.

FNB menyatakan Finlandia menjadi tuan rumah pertemuan serupa pada tahun 2008.

Bulan April lalu, pejabat tinggi militer NATO, Jenderal Amerika Curtis Scaparrotti, bertemu dengan Gerasimov di Baku, Azerbaijan, untuk pertemuan pertama antara para pejabat tinggi militer sejak hubungan antara Moskow dan NATO memburuk ke titik terendah pada era pasca-Perang Dingin terkait krisis Ukraina. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG