Tautan-tautan Akses

Pemimpin Korut Kim Jong Il Dikabarkan Kunjungi Tiongkok


Kim kemungkinan meminta bantuan keuangan dari Beijing menyusul reformasi mata uang di Korut yang gagal tahun lalu.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Il, nampaknya sedang melakukan kunjungan ke Tiongkok sementara pemerintahnya menghadapi situasi ekonomi yang memburuk dan hubungan yang tegang dengan Korea Selatan.

Kantor Berita Korea Selatan dan Jepang mengatakan Kereta api lapis baja yang membawa Kim melintas masuk kota perbatasan Dandong di Tiongkok Senun pagi, sebelum menuju kota Dalian, di Timur Laut Tiongkok.

Kantor berita Kyodo Jepang menerbitkan foto Kim yang mengenakan kacamata hitam dan pakaian khaki yang menjadi ciri khasnya di luar sebuah hotel di Dalian. Televisi NHK Jepang menayangkan video yang katanya menunjukkan Kim Jong Il memasuki sebuah mobil di luar hotel itu.

Tiongkok tidak segera memberikan komentar atas kunjungan Kim ini. Pihak berwenang Tiongkok juga menghalangi para wartawan asing meliput kunjungannya ke Dandong dan Dalian. Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengatakan Kim akan melanjutkan perjalanannya ke Beijing.

Jika memang benar, maka ini adalah kunjungan Kim ke negara sekutu utama Korea Utara itu yang pertama sejak tahun 2006 dan lawatan pertamanya sejak ia dilaporkan menderita stroke pada tahun 2008.

Para pengamat mengatakan, Kim kemungkinan akan meminta bantauan keuangan dari Tiongkok menyusul reformasi mata uang di negara itu yang gagal tahun lalu, yang memperburuk inflasi Korea Utara dan memicu kerusuhan sipil.

XS
SM
MD
LG