Tautan-tautan Akses

Kim Jong Il Dilaporkan Telah Bertemu Hu Jintao di Beijing


Sebuah konvoi kendaraan yang diduga membawa Kim tiba Rabu malam di Ruangan Besar Rakyat di Beijing.

Media Korea Selatan dan Jepang mengatakan pemimpin Korea Utara Kim Jong Il tampaknya telah betemu dengan Presiden Tiongkok Hu Jin Tao di Beijing.

Laporan itu mengutip sumber-sumber diplomatik yang mengatakan sebuah konvoi kendaraan yang diduga membawa Kim tiba Rabu malam di Ruangan Besar Rakyat di Beijing.

Sumber itu mengatakan pemimpin Korea Utara itu kemungkinan telah bertemu dengan Presiden Hu ketika berlangsung makan malam untuk menyambutnya di gedung parlemen itu. Mereka juga mengatakan Kim diperkirakan akan mengadakan pembicaraan lebih banyak dengan para pemimpin Tiongkok di Beijing pada hari Kamis.

Beijing dan Pyongyang tidak memberi konfirmasi terhadap apa yang kelihatannya merupakan kunjungannya yang ke lima ke Tiongkok. Kunjungan sebelumnya selalu diumumkan setelah ia kembali ke Korea Utara.

Analis mengatakan mereka memperkirakan Kim minta Hu bantuan lebih banyak untuk membantu ekonomi Korea Utara yang lemah. Sebagai imbalannya, Hu diperkirakan akan berusaha meyakinkan Kim agar kembali ke perundingan enam negara bagi pelucutan program senjata nuklir Korea Utara.

XS
SM
MD
LG