Tautan-tautan Akses

Pemimpin Korea Selatan Ingin Sanksi Lebih Tegas terhadap Korea Utara


Presiden Korea Selatan Moon Jae saat diwawancarai Washington Post di Blue House, Seoul, Korea Selatan, 19 Juni 2017. (Foto: dok).

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan dunia seharusnya mengenakan sanksi yang lebih tegas terhadap Korea Utara, setelah uji coba rudal balistik antar-benua pertama, dan menegaskan bahwa masalah itu harus diselesaikan secara damai.

Presiden baru yang berbicara dengan bantuan seorang penerjemah itu hari Rabu (5/7) di Berlin mengatakan uji coba itu merupakan “ancaman besar dan provokasi”. Korea Utara seharusnya segera menghentikan hal ini. Moon Jae-in mengatakan seharusnya ada pertimbangan “untuk mengenakan sanksi yang lebih intensif.”

Moon Jae-in mengadakan pertemuan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel sebelum menghadiri KTT G20 di Hamburg mulai hari Jumat (7/7). Ia mengatakan, “Dalam forum KTT G20, kita melakukan pembicaraan dengan beragam wakil pemerintah, tetapi pada saat yang sama saya kira soal Korea Utara seharusnya diselesaikan dengan cara-cara damai.” [em/jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG