Tautan-tautan Akses

AS

Pemimpin Demokrat Sepakat Percepat Pembahasan DACA


Presiden Donald Trump berbincang dengan dari kiri Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell, Pemimpin Minoritas Senat Chuck Schumer, dan Pemimpin Minoritas DPR Nancy Pelosi dalam pertemuan dengan pimpinan kongres di Kantor Oval, Gedung Putih 6 September 2017.

Pemimpin Demokrat dalam Senat dan DPR Amerika hari Rabu (13/9) mengatakan mereka sepakat dengan Presiden Donald Trump untuk segera mengundangkan perlindungan untuk imigran yang dibawa ke Amerika oleh orang tua mereka secara ilegal ketika masih anak-anak, selagi mengupayakan undang-undang keamanan perbatasan yang tidak mencakup tembok antara Amerika dan Meksiko.

Ketua Fraksi Demokrat DPR Nancy Pelosi dan Ketua Fraksi Demokrat Senat Chuck Schumer mengatakan dalam pernyataan bersama kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan yang terfokus pada program yang disebut DACA.

Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders memberikan kesimpulan berbeda mengenai pertemuan itu.

“Meskipun DACA dan keamanan perbatasan dibahas, mengesampingkan tembok perbatasan jelas tidak disepakati,” tulis Sanders melalui Twitter.

Seorang pejabat Gedung Putih menyebut pembicaraan dengan Schumer dan Pelosi mengenai reformasi perpajakan, DACA, dan perdagangan sebagai langkah positif ke arah komitmen Trump pada isu-isu bipartisan, dan mengatakan pemerintah bersemangat untuk melanjutkan pembicaraan ini dengan pemimpin kedua partai.

Trump membatalkan program DACA pekan lalu dan memberi waktu enam bulan kepada Kongres untuk menemukan solusi permanen. [ds]

XS
SM
MD
LG