Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Berdatangan ke Manila untuk Hadiri KTT ASEAN


Presiden AS Donald Trump (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte pada acara jamuan makan malam KTT ASEAN di Manila, Minggu (12/11).

Para pejabat tinggi dari 10 negara Asia tenggara, termasuk beberapa negara yang ekonominya bertumbuh paling cepat di dunia, memperkirakan kemajuan bersama di pertemuan puncak di Filipina pekan ini mengenai perdagangan, investasi dan keamanan dengan bantuan negara-negara kuat dunia.

Tetapi para analis mengatakan para pemimpin ASEAN itu kemungkinan tidak akan memperoleh kemajuan yang sangat besar.

Para kepala negara dari anggota ASEAN telah berdatangan satu-demi-satu hari Minggu untuk mengadakan beberapa pertemuan puncak di Manila sampai dengan Selasa (14/11). Mereka datang untuk menandatangani persetujuan perdagangan bebas dengan Hong Kong dan mengeluarkan proklamasi mengenai perlindungan pekerja migran.

Beberapa negara akan berbagi pandangan dalam forum hari Senin mengenai cara perusahaan-perusahaan kecil memperoleh dana untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar.

Para pemimpin luas diperkirakan akan mendukung usaha ke arah perlucutan nuklir Korea Utara dan perdamaian di Laut China Selatan, di mana 4 negara anggota ASEAN bersengketa dengan Beijing.

Disamping itu, mereka mungkin akan mempertimbangkan resolusi yang mengecam terorisme dan ekstrimisme. [as]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG