Tautan-tautan Akses

Pemimpin AS, Jepang, Korea Selatan Khawatirkan Agresi Korea Utara


Presiden AS Joe Biden (tengah) Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol (kiri) dan PM Jepang Fumio Kishida bertemu di sela-sela KTT NATO di Madrid, Rabu (29/6).

Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin Korea Selatan dan Jepang, Rabu (29/6) mengungkapkan kekhawatiran baru tentang ancaman nuklir Korea Utara ketika mereka bertemu di sela-sela KTT NATO di Madrid.

Dalam komentar singkat menjelang pertemuan trilateral mereka, Biden mengatakan, “Kita tetap sangat prihatin (bahwa Korea Utara) terus melanjutkan uji coba rudal balistik dan berpotensi untuk melakukan uji coba nuklir.”

Biden mengatakan Amerika, Korea Selatan dan Jepang memiliki “tujuan bersama, termasuk denuklirisasi sepenuhnya Semenanjung Korea, dan Indo Pasifik yang bebas dan terbuka.”

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengatakan “ancaman nuklir dan rudal Korea Utara terus meningkat. Dunia menghadapi ketidakpastian yang meningkat, sehingga menjadikan kemitraan trilateral semakin signifikan.”

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan, “Sangat prihatin atas kemungkinan provokasi lebih lanjut oleh Korea Utara, termasuk uji coba nuklir. Melalui pertemuan ini, saya berharap kerja sama trilateral mengenai tanggapan kita terhadap Korea Utara akan semakin kuat.”

Gedung Putih dalam pernyataannya mengenai pertemuan itu, kemudian mengatakan Biden “menegaskan komitmen tak tergoyahkan Amerika untuk pertahanan” Jepang dan Korea Selatan. [my/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG