Tautan-tautan Akses

Pemimpin AS, Jepang, Australia, India Akan Bertemu Virtual Pekan Ini


Yoshihide Suga, Perdana Menteri Jepang dan Scott Morrison, Perdana Menteri Australia, di Tokyo, Jepang, 17 November 2020. (Foto: Kiyoshi Ota via REUTERS)

Para pemimpin AS, Jepang, Australia dan India akan mengadakan pertemuan puncak virtual akhir pekan ini di bawah kerangka kerja diplomatik informal mereka.

Sumber-sumber anonim di Jepang memberitahu media bahwa Presiden AS Joe Biden, PM Jepang Yoshihide Suga, PM Australia Scott Morrison dan PM India Narendra Modi kemungkinan besar akan mengadakan pembicaraan pada hari Jumat (12/3).

Ini akan menjadi pertemuan pertama kali bagi para pemimpin Quadrilateral Security Dialogue (Dialog Keamanan Segi Empat), atau Quad, sejak pembentukannya pada tahun 2007. Quad dianggap sebagai penyeimbang atas tindakan China yang semakin agresif di seluruh kawasan Asia-Pasifik. Beijing mengecam Quad sebagai upaya untuk menahan pembangunannya.

Pertemuan empat pihak ini akan berlangsung hanya beberapa hari sebelum Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengunjungi Jepang dan Korea Selatan. Lawatan ini akan menjadi misi keluar negeri pertama oleh para pejabat pemerintahan Biden sejak ia dilantik pada 20 Januari lalu. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG