Tautan-tautan Akses

Pemimpin AS, Australia, Jepang dan India akan Bahas Kerja Sama Indo-Pasifik


PM Australia Scott Morrison melakukan diskusi virtual dengan pemimpin AS, Jepang dan India 13 Maret 2021 lalu (foto: dok). Ke-4 pemimpin akan bertemu di Washington DC Jumat 24/9.
PM Australia Scott Morrison melakukan diskusi virtual dengan pemimpin AS, Jepang dan India 13 Maret 2021 lalu (foto: dok). Ke-4 pemimpin akan bertemu di Washington DC Jumat 24/9.

Pemimpin Amerika, Australia, Jepang dan India dijadwalkan akan melangsungkan pertemuan di Washington DC hari Jumat (24/9) untuk membahas kerjasama Indo-Pasifik di tengah meningkatkan kekuatan China di kawasan itu.

Presiden Amerika Joe Biden, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dan Perdana Menteri India Narendra Modi sudah melangsung pertemuan secara virtual Maret lalu, tetapi baru kali ini bertemu secara langsung.

“Para pemimpin The Quad akan memusatkan perhatian pada upaya memperkuat hubungan dan memajukan kerjasama praktis di berbagai bidang, seperti memberantas COVID-19, mengatasi krisis iklim, bermitra dalam teknologi dan dunia maya, dan mempromosikan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” ujar juru bicara Gedung Putih Jen Psaki dalam sebuah pernyataan.

China terus membangun pos-pos militer di kawasan itu dan menggunakannya untuk mendukung klaim bahwa mereka menguasai jalur laut vital itu.

Pertemuan di Washington DC ini berlangsung hanya beberapa hari setelah diumumkannya kerjasama antara Amerika, Inggris dan Australia untuk memasok Australia dengan kapal selam bertenaga nuklir.

Kesepakatan baru itu menimbulkan kemarahan Prancis karena menilai hal itu telah meremehkan kesepakatannya dengan Australia untuk memasok negara kangguru itu dengan kapal selam bertenaga diesel. Untuk memprotes hal itu Prancis menarik pulang duta besarnya dari Amerika dan Australia.

China mengutuk kesepakatan itu dan menyebutnya merusak perdamaian di kawasan. [em/ka]

XS
SM
MD
LG