Tautan-tautan Akses

Pemilik Rumah Tanam Pohon, Bantu Konservasi Energi


Dalam kurun waktu delapan tahun terakhir sekitar 10.500 pemilik rumah telah mendapatkan manfaat dri Program Pohon Hemat Energi (foto: Pepco.jpg)

Sebuah perusahaan listrik di sekitar Washington DC memberikan 1.000 pohon secara gratis kepada para konsumen dengan tujuan untuk menghemat energi. Pepco adalah salah satu dari puluhan perusahaan listrik di AS yang bekerjasama dengan organisasi nirlaba Yayasan Arbor Day terkait rencana itu. Meskipun tujuan utamanya adalah untuk menghemat energi, para pejabat mengatakan pepohonan itu juga bermanfaat bagi para pemilik rumah dan permukiman.

Berkebun adalah hobi favorit Anka Meyer, terutama menanam pohon di halaman rumahnya.

"Sekarang bunga-bunga ini bermekaran, kemudian akan menjadi hijau, kemudian berubah menjadi warna khas musim gugur. Tanaman ini berubah sepanjang tahun, dan membawa kebahagiaan," tutur Anka.

Pohon juga meningkatkan kualitas udara dan mengurangi dampak suhu musim panas.

"Pepohonan turut mempengaruhi iklim di sekitar rumah dan juga menghemat energi. Terutama apabila mereka memberikan keteduhan dari sisi selatan dan barat," imbuhnya.

Anka Meyer ikut dalam program Pohon Penghemat Energi untuk tahun kedua. Tahun ini, dia mendapat pohon Dogwood gratis sebagai bagian dari program yang dijalankan perusahaan listrik Pepco dan organisasi nirlaba Yayasan Arbor Day.

"Pohon itu asli dari kawasan ini, jadi mereka tidak bisa hidup dalam cuaca dingin dan pohonnya sangat cantik," ujarnya.

Tahun lalu, dia menanam pohon maple merah.

"Sekarang sudah memasuki tahun kedua, pohonnya tumbuh dengan sangat baik. Sekarang tingginya hampir sama dengan saya."

Menjadi penangkal angin pada musim dingin dan memberikan keteduhan pada musim panas, pohon bisa membantu pemilik rumah menghemat energi, menghemat uang dan lain-lain.

Kristen Bousquet, manager Program Yayasan Arbor Day menjelaskan, "Menyediakan pohon bagi pemilik rumah bisa menaikkan nilai properti mereka sampai 18 persen."

Yayasan Arbor Day berharap program penanaman pohon itu akan berkembang.

"Yayasan Arbor Day baru saja meluncurkan sebuah inisiatif bersama mitra-mitra kami, yang diberi nama Time for Trees Initiative. Lewat inisiatif itu, kami akan menanam 100 juta pohon dan menginspirasi 5 juta penanam pohon di seluruh dunia," tukas Kristen.

Menurut juru bicara Pepco, Christina Harper, program di kawasan Washington itu telah semakin populer dalam 8 tahun terakhir.

"Sebuah pohon yang ditanam di properti bisa membantu pemilik rumah menghemat biaya listrik 15 sampai 30 persen. Lewat situs Arbor Day, kita bisa mengetahui tempat yang tepat untuk menanam pohon," jelasnya.

Penggemar pohon Anka Meyer mengajak orang lain ikut program itu dan menanam pohon.

"Coba cari tahu pepohonan apa yang asli di kawasan anda. Jangan menanam apapun yang tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan. Dan jangan menanam terlalu dekat dari rumah," kata Anka.

Itu adalah dampak yang diharapkan, menginspirasi lebih banyak orang di seluruh dunia untuk menanam pohon. (vm/ii)

XS
SM
MD
LG