Tautan-tautan Akses

AS

Prediksi 'Super Tuesday': Biden Menangkan 10, Sanders 4


Kandidat Capres AS dari partai Demokrat, dari kiri: Senator Bernie Sanders dan mantan Wapres AS Joe Biden berbincang sesaat sebelum debat 25 Februari 2020. (Foto: dok)

Persaingan merebut nominasi calon presiden Partai Demokrat menyusut dari yang sebelumnya terdiri lebih dari 20 kandidat menjadi kontes antara mantan Wapres AS Joe Biden dan Senator Vermont Bernie Sanders, setelah pemilihan pendahuluan serentak di 14 negara bagian yang disebut "Super Tuesday."

Biden diprediksi menang di sepuluh negara bagian, termasuk Texas yang memiliki banyak delegasi. Ini merupakan kemenangan mengejutkan karena jajak-jajak pendapat nasional sebelumnya menunjukkan, Sanders memimpin secara meyakinkan di sana.

Biden juga memenangkan Virginia, North Carolina, Alabama, Oklahoma, Tennessee, Arkansas, Minnesota dan Massachusetts.

Sanders menang di negara bagian yang paling banyak memiliki delegasi dalam Super Tuesday, yakni California. Ia juga menang di Colorado, Utah dan negara bagian yang diwakilinya di Senat, Vermont.

Hasil perhitungan suara di Maine masih belum dipastikan. Biden dan Sanders bersaing ketat di sana.

Dalam pidato di hadapan para pendukungnya di Vermont, Selasa malam, Sanders mengatakan, ia tidak hanya kan menjadi calon presiden Partai Demokrat tapi juga mengalahkan Presiden Donald Trump dari Partai Republik. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG