Tautan-tautan Akses

AS

Pemerintahan Trump Berencana Bangun Model Tembok Perbatasan pada Musim Panas


Mantan mandor konstruksi pagar perbatasan, Tim Foley menunjukkan bagaimana memanjat bagian dinding perbatasan yang memisahkan Meksiko dan Amerika Serikat kepada dua orang wartawan, 11 Mei 2016 (Foto: dok).

Badan yang bertanggung jawab atas rencana keamanan perbatasan AS, berencana membangun prototip tembok perbatasan dengan Meksiko usulan Presiden Donald Trump akhir musim panas ini.

Pejabat sementara Wakil Kepala Bea Cukai dan Pengawal Perbatasan, Ronald Vitiello mengatakan Selasa (27/6), empat sampai delapan perusahaan akan mendapat kontrak untuk membuat prototip di San Diego yang dapat menjadi model untuk tembok perbatasan sepanjang 3.200 kilometer.

Perusahaan diberi waktu 30 hari untuk menyelesaikan model itu. Vitiello mengatakan, tidak praktis membangun tembok perbatasan sekitar 209 kilometer di mana sudah ada penghalang alami, seperti danau atau ngarai.

Proposal anggaran Trump untuk tahun 2018 mencakup $1,6 miliar untuk tembok sepanjang 118 kilometer di lembah Rio Grande, Texas dan San Diego. Saat ini terdapat 1.046 kilometer pagar. [ps/al]

XS
SM
MD
LG