Tautan-tautan Akses

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan hari Minggu bahwa pemerintahannya mendukung sepenuhnya sikap Amerika menekan Korea Utara atas program senjata nuklirnya, dan semua opsi dapat dipertimbangkan.

Dalam perdebatan televisi hari Minggu di antara pemimpin partai politik utama, Abe mengatakan Korea Utara telah gagal memenuhi janjinya pada waktu lalu untuk menghentikan pengembangan teknologi nuklir dalam pembicaraan “enam negara” dengan Jepang, China, Amerika, Rusia dan Korea Selatan.

"Mereka menggunakan masa pembicaraan dan dialog sebagai kesempatan untuk mengembangkan teknologi nuklir," kata Abe. "Sebagai akibatnya, kemampuan nuklir mereka telah mencapai tingkat yang sekarang dan kita tidak dapat lagi membiarkan Korea Utara menipu kita lagi."

Abe tidak menanggapi cuitan akhir pekan ini mengenai Korea Utara oleh Presiden Amerika Donald Trump.

Trump mengatakan bahwa 25 tahun perundingan tidak memberi hasil, di mana "persetujuan sudah dilanggar sebelum tintanya kering, yang membuat perunding Amerika kelihatan bodoh. Maaf, hanya satu hal yang akan berhasil!"

Abe memang mengatakan pemerintahannya mendukung sikap Amerika bahwa tekanan yang lebih besar dibutuhkan dan semua alternatif dapat dipertimbangkan. Keprihatinan atas Korea Utara adalah isu teratas dalam pemilihan parlemen Jepang yang dijadwalkan tanggal 22 Oktober. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG