Tautan-tautan Akses

Pemerintah Inggris Sangkal Kelangkaan BBM


Tulisan "bensin habis" dipasang di sebuah pom bensin di Rothley, Leicestershire, Inggris, Sabtu (25/9).

Menteri Urusan Transportasi Inggris Grant Shapps hari Minggu (26/9) menuduh kelompok-kelompok angkutan darat telah menciptakan “situasi yang direkayasa” dan bersikeras memastikan tidak adanya kelangkaan bahan bakar di Inggris.

Pernyataan itu disampaikan Shapps ketika sejumlah pengendara yang frustrasi akibat terjebak dalam kemacetan lalu lintas karena sepertiga kendaraan terus antri untuk bisa mendapatkan BBM.

Shapps mengatakan kepada penyiar Sky News Inggris bahwa “ada banyak bahan bakar” di Inggris dan ia mendesak para pengemudi untuk hanya mengisi BBM “jika mereka perlu.”

Industri pengangkutan mengatakan Inggris kekurangan puluhan ribu pengemudi truk karena beragam faktor, termasuk pandemi virus corona, angkatan kerja yang menua, dan eksodus pekerja asing setelah keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Mobil-mobil antre panjang untuk mengisi bensin di Redbourn, Inggris (25/9).
Mobil-mobil antre panjang untuk mengisi bensin di Redbourn, Inggris (25/9).

Aturan-aturan imigrasi pasca Brexit membuat warga negara Uni Eropa tidak lagi dapat tinggal dan bekerja tanpa visa di Inggris, seperti yang biasa mereka lakukan ketika Inggris masih merupakan anggota blok perdagangan itu.

Perusahaan truk telah mendesak pemerintah Inggris untuk melonggarkan aturan imigrasi sehingga lebih mudah merekrut pengemudi dari seluruh Eropa.

Pemerintah Inggris mengatakan akan mengeluarkan 5.000 visa berdurasi tiga bulan untuk semua pengemudi truk mulai Oktober ini dan 5.500 lainnya untuk pekerja di bidang unggas.

Tetapi tetap pada desakan semua bahwa dalam jangka panjang, para pekerja Inggris harus dilatih untuk mau bekerja sebagai pengemudi, dan bahwa perusahaan-perusahaan transportasi bersedia memulihkan kondisi kerja dan meningkatkan gaji untuk mempertahankan para pekerja ini. [em/jm]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG