Tautan-tautan Akses

Pemerintah Buka Program Vaksinasi Untuk Remaja Usia 18 Tahun


Seorang perempuan menerima satu dosis vaksin AstraZeneca COVID-19 saat program vaksinasi massal untuk Kawasan Wisata Hijau di Sanur, Bali, 23 Maret 2021. (Foto: REUTERS/Nyimas Laula)

Presiden Joko Widodo, Rabu (9/6), menargetkan program vaksinasi COVID-19 bisa mencapai satu juta dosis per hari pada Juli. Untuk mencapai target itu, pemerintah membuka program vaksinasi kepada warga yang berusia di atas 18 tahun di Jakarta untuk meredam penyebaran COVID-19.

Pemerintah berusaha mempercepat vaksinasi setelah terkendala oleh pasokan vaksin untuk mencapai target memvaksinasi 181,5 juta orang pada 2022.

Dalam kunjungan ke Depok, Jokowi mengatakan dia ingin vaksinasi program mencapai target sebanyak 700 ribu dosis per hari pada bulan ini dan kemudian meningkat lagi.

“Jadi pada Juli, kita bisa mencapai target vaksinasi per hari satu juta,” kata Presiden.

Indonesia mengalami wabah virus corona terburuk di Asia Tenggara dengan mencatatkan 1,87 juta infeksi dan 51.990 kematian.

Pakar kesehatan khawatir tentang risiko lonjakan baru infeksi yang dipicu oleh varian-varian baru dan lonjakan mobilitas pada mudik Lebaran pada bulan lalu. Jakarta telah menjadi salah satu pusat penyebaran.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengonfirmasi bahwa vaksinasi sekarang akan dibuka untuk siapa saja yang berusia di atas 18 tahun.

Dalam keterangan terpisah, Rabu (9/6), Kemenkes menyebutkan, data menunjukkan tingkat penularan COVID-19 dalam sepekan terakhir di Jakarta masih "cukup tinggi.”

Setidaknya 11,43 juta masyarakat telah menerima dua suntikan dari salah satu dari beberapa vaksin, yang tersedia, yaitu Sinovac Biotech dan Sinopharm buatan China atau AstraZeneca.

Per 31 Mei, Indonesia memiliki hampir 76 juta dosis vaksin siap pakai. [ah/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG