Tautan-tautan Akses

Pemerintah Belarusia intensifkan Penindasan terhadap Oposisi


Para demonstran anti pemerintah melakukan unjuk rasa di Minsk, Belarusia Selasa (25/8).

Otorita Belarusia memenjarakan beberapa aktivis oposisi sebagai bagian dari kampanye tekanan yang meningkat terhadap para pengunjuk rasa yang berencana melakukan lebih banyak demonstrasi melawan Presiden Alexander Lukashenko yang telah berkuasa 26 tahun.

Pengadilan hari Selasa (24/8) menghukum pemimpin oposisi Sergei Dylevsky penjara 10 hari, sementara pihak berwenang memanggil beberapa aktivis oposisi lainnya untuk diinterogasi dan puluhan lainnya untuk hadir dalam sidang pengadilan.

Pengadilan di ibukota Minsk juga mempertimbangkan beberapa dakwaan atas dua anggota dewan yang dibentuk para aktivis oposisi pekan lalu untuk merundingkan transisi kekuasaan setelah Lukashenko memenangkan masa jabatan keenam dalam pemilihan 9 Agustus lalu yang menurut para aktivis dan kritikus telah dicurangi.

Lukashenko menolak tawaran dialog dari oposisi Dewan Koordinasi dimana puluhan anggotanya mewakili masyarakat luas Belarusia, termasuk penulis dan pemenang Nobel Svetlana Alexievich, yang telah dipanggil untuk diinterogasi hari Rabu.

Lukashenko menyatakan para aktivis yang berdemo selama lebih dari dua minggu itu berada di bawah kendali negara-negara Barat. Pemimpin otoriter itu juga mengancam akan mengajukan tuntutan pidana terhadap anggota dewan karena diduga berusaha menciptakan pemerintahan saingan. [mg/ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG