Tautan-tautan Akses

Pemerintah Belanda Didesak Keluarkan Keputusan Terkait Ekstraksi Gas Alam


Foto udara kilang gas milik perusahaan Liquid Liquefied Natural Gas (NLNG) di Bonny, selama tur udara Royal Dutch Shell. (Foto: dok).

Sebuah dewan penasehat pemerintah Belanda telah memerintahkan kementerian urusan ekonomi untuk membuat keputusan yang akan menetapkan seberapa banyak gas dapat diekstraksi dari ladang gas bawah tanah di bagian utara negara itu, di mana pengeboran gas alam telah memicu sejumlah gempa kecil.

Pemerintah mengatakan Mei lalu, Netherlands Petroleum Company, yang dimiliki bersama Shell dan ExxonMobil, diizinkan mengekstraksi 21,6 juta meter kubik gas per tahun selama lima tahun ke depan.

Dewan Negara, demikian sebutan dewan penasehat itu, memutuskan kementerian urusan ekonomi seharusnya memberi penjelasan yang lebih transparan mengenai risiko ekstraksi gas alam terhadap orang-orang yang tinggal di kawasan Groningen yang rawan gempa. Dewan itu juga menuntut agar kementerian tersebut memberikan alasan atas keputusannya tersebut.

Keputusan Rabu itu memberi pemerintah Belanda waktu satu tahun untuk merancang keputusannya sementara ekstraksi gas boleh dilanjutkan sebagaimana biasanya pada saat ini. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG