Tautan-tautan Akses

Pemerintah Baru Italia Menangi Mosi Percaya Pertama di Senat 


Perdana Menteri Italia Mario Draghi berpidato di hadapan Senat di Roma, Rabu, 17 Februari 2021. (Foto: Alberto Pizzoli/POOL photo via AP)

Pemerintah baru Italia memenangkan mosi percaya di Senat dengan 315 kursi dengan perolehan suara 262 banding 40 pada Rabu (17/2).

Perdana Menteri Mario Draghi, mantan kepala Bank Sentral Eropa, dilantik pada akhir pekan. Ia memimpin pemerintahan berbasis luas yang mendapat dukungan dari partai-partai dari seluruh spektrum politik, guna mengantarkan Italia mengatasi krisis virus corona dan kemerosotan ekonomi.

Seperti diperkirakan, sekitar 15 anggota mitra parlementer terbesarnya, Gerakan Bintang-5, menentang kepemimpinan mereka dan memberi suara untuk menentang Draghi. Mereka menolak seorang teknokrat mengambil alih pemerintahan dan tidak mau mendukung koalisi yang mencakup musuh lama politik.

Dengan mayoritas parlemen mendukung, setelah mosi percaya di Senat, Draghi tampak siap menjalani pemungutan suara serupa di majelis rendah pada Kamis (18/2), langkah terakhir yang diperlukan pemerintah untuk menjalankan kekuasaan penuhnya.[ka/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG