Tautan-tautan Akses

Kesaksian Dimulai di Pengadilan Kejahatan Terorganisasi di Italia dalam 3 Dekade


Para peserta sidang pertama persidangan virtual terhadap lebih dari 300 terdakwa sindikat kejahatan 'Ndrangheta di bunker yang dibangun khusus di dekat kota Calabria di Lamezia Terme, Italia selatan, Rabu, 13 Januari 2021. (AP Photo/Gianfranco Stara)

Kesaksian mulai diberikan pada hari Rabu (13/1) di Italia, dalam pengadilan terhadap kejahatan terorganisasi terbesar di negara itu dalam kurun tiga dekade lebih.

Lebih dari 350 terdakwa akan hadir di tempat yang khusus dibangun di ruang sidang dengan keamanan tinggi di Lamezia Terme, Calabria, di bagian selatan Italia, basis ‘Ndrangheta, sindikat kejahatan terorganisir seperti mafia. Hingga 900 orang akan memberi kesaksian dalam persidangan yang diperkirakan akan berlangsung hingga setahun, atau lebih lama lagi.

Polisi mengenakan masker di tengah pandemi Covid-19, menjaga ketat pelaksanaan sidang pertama terhadap lebih dari 300 terdakwa 'sindikat kejahatan 'Ndrangheta, 13 Januari 2021.
Polisi mengenakan masker di tengah pandemi Covid-19, menjaga ketat pelaksanaan sidang pertama terhadap lebih dari 300 terdakwa 'sindikat kejahatan 'Ndrangheta, 13 Januari 2021.

Para jaksa penuntut memusatkan upaya mereka terutama pada keluarga Mancuso, yang menguasai kawasan Vibo Valentia di Calabria. Para terdakwa, termasuk keluarga Mancuso, para politisi, pengacara, pengusaha, pejabat penegak hukum yang tercela dan lain-lainnya, menghadapi sejumlah kejahatan yang telah berlangsung sejak beberapa dekade lalu, yang mencakup pembunuhan, perdagangan narkoba, pemerasan dan pencucian uang.

Berbagai usaha ‘Ndrangheta di seluruh dunia, baik yang sah maupun terlarang, menghasilkan sekitar 61 miliar dolar per tahun bagi sindikat itu.

Pengadilan serupa pada tahun 1986 menetapkan vonis bersalah terhadap lebih dari 300 anggota dan rekanan keluarga Cosa Nostra yang terkenal kejam di Sisilia. [uh/ab]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG