Tautan-tautan Akses

AS

Pemerintah AS Lanjutkan Upaya Tampilkan Gambar Tubman pada Uang Kertas


Patung lilin tokok gerakan anti-perbudakan, Harriet Tubman, yang dibuat oleh Madam Tussauds tampak di the Presidents Gallery, di Washington, 7 Februari 2012.

Pemerintahan Biden sedang "mencari cara" untuk menampilkan gambar pemimpin gerakan anti-perbudakan abad ke-19, Harriet Tubman, pada uang kertas $20.

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki, Senin (25/1), mengatakan Departemen Keuangan sedang mengambil langkah-langkah untuk melanjutkan upaya menampilkan Tubman pada uang kertas $20.

Uang kertas $20
Uang kertas $20

Mantan menteri keuangan pada pemerintahan Obama, Jack Lew, sebelumnya memilih gambar Tubman untuk menggantikan gambar Andrew Jackson, presiden ketujuh AS pada uang tersebut.

Namun, nasib Tubman tidak jelas sejak kampanye presiden 2016 karena komentar kritis kandidat Presiden ketika itu, Donald Trump, yang menyebut langkah itu "basa-basi politik semata".

Menteri Keuangan pemerintahan Trump, Steven Mnuchin, tidak melaksanakan keputusan tersebut. Sebaliknya, pada Mei 2019 ia mengumumkan penundaan desain ulang uang kertas $20 dan justru mendesain ulang uang $10 dan $50 terlebih dahulu untuk meningkatkan fitur keamanan guna mencegah pemalsuan. [my/pp]

XS
SM
MD
LG