Tautan-tautan Akses

Pemenang Nobel Kedokteran Temukan Genom Neanderthal


Ilmuwan Swedia Svante Paabo di Leipzig, Jerman, 27 April 2010. (Foto: via AP)
Ilmuwan Swedia Svante Paabo di Leipzig, Jerman, 27 April 2010. (Foto: via AP)

Hadiah Nobel Kedokteran tahun ini diberikan kepada ilmuwan Swedia yang memecahkan kode DNA Neanderthal, kerabat dekat manusia modern yang telah punah.

Dalam pernyataan yang diterbitkan Senin (3/10), Organisasi Nobel mengatakan Svante Paabo diberi hadiah itu "karena memelopori pendekatan baru untuk mempelajari sejarah evolusi kita."

Pria Swedia, 67, itu mengatasi tantangan teknis yang ekstrem dalam menangani sampel DNA kuno yang rapuh agar berhasil mendapatkan urutan genom, kata organisasi itu. "Ini diikuti," menurut pernyataan, "dengan temuan sensasional dari hominin punah lainnya, Denisova, seluruhnya dari data genom yang diambil dari spesimen kecil tulang jari."

Karya Paabo membuktikan bahwa Homo sapiens, Neanderthal, dan Denisovan berbaur “dalam periode koeksistensi.” Hasilnya, masuknya DNA kuno pada manusia masa kini.”

Paabo berafiliasi dengan Institut Max Planck untuk Antropologi Evolusi, di Leipzig, Jerman, dan Institut Sains dan Teknologi Okinawa, di Okinawa, Jepang.

Hadiah untuk kedokteran adalah yang pertama dari lima yang diberikan minggu ini. Puncaknya adalah pemberian Hadiah Nobel Perdamaian pada Jumat. Hadiah untuk bidang Ekonomi diberikan pada 10 Oktober. Ini satu-satunya hadiah yang tidak dibuat di bawah kehendak penemu Swedia, Alfred Nobel.

Upacara resmi Hadiah Nobel akan diadakan pada Desember di Stockholm. [ka/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG