Tautan-tautan Akses

Demonstran Tuntut Investigasi atas Pemecatan Direktur FBI


Seorang demonstran membawa tulisan dalam aksi demo terkait pemecatan James Comey di San Francisco, Rabu (10/5).
Seorang demonstran membawa tulisan dalam aksi demo terkait pemecatan James Comey di San Francisco, Rabu (10/5).

Pemecatan Direktur FBI hari Selasa (9/5) memicu demonstrasi dan seruan pembentukan penyelidik khusus terkait keterlibatan Rusia dengan tim kampenye Trump.

Direktur FBI James Comey hari Selasa dipecat oleh Presiden Donald Trump, kesaksiannya di hadapan Kongres baru-baru ini dianggap tidak memuaskan Gedung Putih dan Presiden Donald Trump hari Rabu (10/5) menyebut Comey tidak melaksanakan pekerjaannya dengan baik.

Pemecatan Comey memicu demonstrasi di depan Gedung Putih hari Rabu, menuntut penunjukan jaksa khusus yang independen.

Ketua Komite Nasional Partai Demokrat, Tom Perez ingin penunjukan Direktur FBI pengganti Comey baru dilakukan setelah ada jaksa khusus.

“Kita harus memastikan tidak seorangpun dikonfirmasi menjadi pemimpin FBI berikutnya sampai ada komitmen untuk menunjuk jaksa khusus yang independen,” kata Perez.

Puluhan demonstran lainnya juga mengacam pemecatan Comey.

Para demonstran menuntut investigasi atas pemecatan Direktur FBI James Comey dalam aksi di depan Gedung Putih (10/5).
Para demonstran menuntut investigasi atas pemecatan Direktur FBI James Comey dalam aksi di depan Gedung Putih (10/5).

Para senator dari Partai Demokrat haru Rabu juga mendesak rekan-rekannya untuk memprakarsai pembentukan penyelidik khusus. Senator Richard Blumenthal, dari Connecticut mengatakan satu-satunya cara untuk memastikan integritas dan kemandirian penyelidikan campur tangan Rusia dengan pemilu presiden Amerika adalah dengan membentuk Jaksa khusus.

“Saya punya kepercayaan luar biasa besar pada para jaksa karir di Departemen Kehakiman, pengacara pada Divisi Keamanan Nasional, agen FBI yang bekerja keras dan baik. Mereka memerlukan pemimpin untuk membuat keputusan yang mungkin berat mengenai apakah akan mengajukan tuduhan ke pengadilan. Hanya jaksa khusus yang bisa bekerja pada situasi yang sulit ini,” ujar Blumenthal.

Senator dari Partai Republik Lindsey Graham tidak menutup kemungkinan pembentukan jaksa penyelidik khusus ini, namun hanya jika mengarah pada penyelidikan kriminal atau pidana.

“Jika berubah menjadi penyelidikan kriminal maka kita akan diskusikan. Sekarang baru pengumpulan kontra intelijen dari kubu seberang mengenai benar atau tidaknya pejabat Trump bersekongkol dengan Rusia.. Saya tidak punya bukti mengenai persekongkolan atau kejahatan tapi FBI perlu terus mencari dan melakukan pekerjaannya,” kata Graham.

Ketua Komite Nasional Partai Demokrat Tom Perez percaya pemecatan Comey terkait dengan penyelidikan FBI mengenai masalah ini. Ia menambahkan, “Tidak sulit untuk mencerna mengapa Comey dipecat. Kalau Comey demikian buruknya ia seharusnya dipecat 20 Januari lalu. Kalau mereka sangat prihatin mengenai apa yang ia lakukan yang terjadi sejak bulan Oktober jadi ia bisa memecatnya waktu itu."

Tidak ada yang mengetahui kemana penyelidikan mengenai keterlibatan Rusia dengan kampenye Trump akan bergulir. Tapi Partai Demokrat tampaknya tidak akan membiarkan isu ini diabaikan oleh anggota legislatif Amerika. [my/al]

XS
SM
MD
LG