Tautan-tautan Akses

Pembom Bunuh Diri Serang Kamp Latihan Militer Somalia


Seorang tentara Somalia (kiri) berdiri di dekat reruntuhan minibus yang hancur akibat serangan bom dekat kompleks Kementerian Pertahanan di Mogadishu, Somalia, 9 April 2017. (AP Photo/Farah Abdi Warsameh)

Para pejabat militer Somalia mengatakan seorang pembom bunuh diri menyerang kamp latihan militer di pinggir Mogadishu, ibukota Somalia, menewaskan beberapa tentara dan melukai lainnya.

Pihak berwenang mengatakan pembom yang menyamar dengan mengenakan seragam militer, berjalan ke dalam kamp latihan itu hari Senin (10/4) dan meledakkan bom tersebut.

Serangan itu terjadi setelah pimpinan angkatan bersenjata baru Somalia, Jenderal Ahmed Mohamed Jimale Irfid, selamat dari serangan bom mobil bunuh diri yang menewaskan sedikitnya 15 orang dekat konvoinya di Mogadishu.

Ledakan tersebut terjadi beberapa menit setelah Menteri Pertahanan baru Abdirashid Abdullah Mohamed dan mantan Pimpinan Angkatan Bersenjata Jenderal Mohamed Aden berlalu di jalan yang sama, kata sumber-sumber keamanan mengukuhkan kepada VOA.

Pimpinan baru Angkatan Bersenjata Somalia itu baru saja menghadiri upacara di Kementerian Pertahanan di mana ia mengambil alih komando dari Jenderal Aden.

Sebagian besar korban ledakan kabarnya warga sipil, penumpang dua bus mini.

Kelompok militer al-Shabab telah mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. [gp]

XS
SM
MD
LG