Tautan-tautan Akses

AS

Pembicaraan di Gedung Putih Tunjukkan Perpecahan Soal Shutdown


Penjabat Menteri Dalam Negeri AS, David Bernhardt (kiri) dan penjabat menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan (kanan) mendengarkan Presiden Donald Trump dalam rapat Kabinet di Gedung Putih, Washington D.C., 2 Januari 2018.

Dewan Perwakilan Rakyat Amerika yang dipimpin oleh Partai Demokrat diperkirakan akan menyetujui rancangan undang-undang hari Kamis ini (3/1) untuk mengakhiri penutupan operasi sebagian pemerintah. Pemimpin Senat dari Partai Republik mengatakan dia tidak akan melakukan pemungutan suara. Presiden Donald Trump menyatakan kesediaannya untuk meneruskan penutupan itu “selama diperlukan” untuk mendapatkan dana pembangunan tembok perbatasan yang tidak didukung oleh Demokrat.

Demikian keadaan terkait penutupan operasi pemerintah setelah Trump mengundang para pemimpin Kongres ke Gedung Putih pada hari Rabu (3/1) dan kedua pihak tidak mencapai kesepakatan untuk mencapai penyelesaian. Mereka akan berusaha menemukan jalan keluar dengan pertemuan lainnya pada hari Jumat.

RUU yang diperkirakan akan disahkan hari Kamis ini (3/1) akan memicu perdebatan mengenai tembok yang diinginkan oleh Presiden Trump di perbatasan Amerika-Meksiko.

Satu RUU akan mendanai Departemen Keamanan Dalam Negeri sampai 8 Februari, memungkinkan pihak-pihak yang berseberangan untuk mencari cara bagaimana menjembatani kesenjangan antara permintaan Trump sebesar 5 miliar dolar untuk membangun tembok dan proposal Demokrat sebesar 1,3 miliar dolar untuk membiayai keamanan perbatasan lainnya. [lt]

XS
SM
MD
LG