Tautan-tautan Akses

Pembicaraan Damai AS dan Taliban Afghanistan Istirahat Satu Hari


Delegasi Taliban saat memberikan keterangan kepada media di Moskow, Rusia, 28 Mei 2019. (Foto: dok).

Taliban Afghanistan dan Amerika beristirahat sehari dari perundingan damai putaran ketujuh, Jumat(5/7). Mereka mengatakan telah membuat "kemajuan baik" dalam enam hari terakhir untuk mencapai kesepakatan tentang jadwal waktu bagi pasukan asing meninggalkan Afghanistan.

Juru bicara kelompok pemberontak, Zabihullah Mujahid, mengumumkan dalam sebuah pernyataan singkat, bahwa dialog di Qatar itu "akan dilanjutkan hari Sabtu."

Sementara pihak Amerika bungkam tentang perundingan yang sedang berlangsung, pejabat-pejabat Taliban memastikan kedua pihak "membuat kemajuan baik" dalam menyimpulkan rancangan naskah yang menguraikan garis besar penarikan pasukan Amerika, dan menjamin bahwa Taliban tidak akan mendukung dan mengizinkan kelompok-kelompok teroris transnasional untuk menggunakan daerah-daerahyang dikuasai oleh pemberontak.

Anggota senior tim perunding Taliban, Khairullah Khairkhaw mengatakan, kedua pihak telah menyelesaikan "hampir semua perbedaan" pada kedua masalah tersebut.

Pejabat-pejabat Taliban itu termasuk di antara lima pemimpin pemberontak yang dibebaskan pada 2014 dari fasilitas penahanan Teluk Guantanamo Amerika, dalam pertukaran tahanan yang melibatkan tentara Amerika Bow Bergdahl.[ps/pp]

XS
SM
MD
LG