Tautan-tautan Akses

Diragukan, Target AS Capai Kesepakatan dengan Taliban Bulan September


Juru bicara Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar (ketiga dari kiri) dan para perunding Taliban (foto: dok).

Amerika ingin mencapai kesepakatan potensial dengan Taliban Afghanistan pada bulan September, namun para analis dan pejabat Afghanistan skeptis bahwa kesepakatan komprehensif dapat dicapai jika pemerintah Afghanistan belum mengadakan pembicaraan langsung dengan Taliban.

Menlu AS Mike Pompeo mengatakan bulan lalu, dalam kunjungannya ke Afghanistan dan kawasan itu, bahwa AS berharap kesepakatan damai di Afghanistan sebelum 1 September.

“Saya harap kita mencapai kesepakatan damai sebelum 1 September. Itu jelas merupakan misi kami,” kata Pompeo kepada wartawan di Kabul.

"Kami telah membuat kemajuan nyata dan hampir siap untuk menyimpulkan rancangan naskah yang menguraikan janji Taliban untuk bergabung dengan sesama warga Afghanistan, dalam memastikan bahwa tanah Afghanistan tidak pernah lagi menjadi tempat persembunyian bagi teroris," tambah Pompeo.

Tetapi beberapa pakar meragukan bahwa kesepakatan komprehensif itu bisa dicapai bulan September.

Menlu AS, Pompeo juga mengatakan, AS telah menjelaskan kepada Taliban bahwa Amerika siap untuk menarik pasukannya dari Afghanistan, tetapi menekankan bahwa AS belum "menyetujui jadwal penarikan itu." (ps/pp)

Recommended

XS
SM
MD
LG